Aneka Jenis dan Harga Bahan Bangunan | Harga Bahan Bangunan Terbaru

Aneka Jenis dan Harga Bahan Bangunan

Saturday, April 28th, 2018 - Bahan Bangunan

Banyak persiapan yang harus dilakukan saat akan membuat rumah. Persiapan seperti lahan, desain rumah, hingga biaya untuk membangun. Anggaran dalam mendirikan sebuah rumah memang harus besar. Hal tersebut karena harga bahan bangunan yang selalu mengalami kenaikan seperti batu kali belah Rp 180.000,- per meter kubik dan bisa naik lagi harganya. Setiap pembangunan sebuah bangunan perlu memperhitungkan biaya untuk membeli bahan bangunan. Biaya untuk membeli pasir, semen, batu bata, batu untuk fondasi, hingga biaya bahan bangunan lainnya. Untuk membangun rumah ukuran 100 meter persegi saja membutuhkan anggaran ratusan juta untuk biaya pembelian bahan bangunan. Berikut adalah beberapa bahan bangunan dan harganya untuk Anda yang sedang mencari referensi harga-harga berbagai bahan bangunan.

Beberapa Bahan Bangunan dan Harganya

Pembangunan rumah pasti membutuhkan batu untuk dipasang sebagai fondasi bangunan. Selain itu ada pula jenis batu bata dan batako yang digunakan dalam pembuatan dinding rumah. Harga bahan bangunan 2017 untuk batu belah ada di kisaran harga Rp 180.000 untuk setiap kubik. Ada pula batu split yang harganya tergantung alat angkut untuk membawanya. Untuk batu split satu truk harganya sekitar Rp 1.250.000,-, sedangkan satu pick up batu split di harga Rp 250.000,-. Batu bata yang digunakan untuk pembuatan tembok harganya sekitar Rp 750,- per biji, sedikit berbeda dengan batu bata yang dioven. Batu bata oven setiap bijinya lebih mahal dari batu bata biasa yaitu di harga Rp 900,-. Sekarang banyak pula bangunan yang memanfaatkan batu batako untuk membuat tembok bangunan. Batu yang dibuat dari semen tersebut biasanya dijual dengan harga Rp 2.500,- untuk satu balok batako.

Selain batu, dibutuhkan pula pasir sebagai salah satu bahan bangunan. Harga pasir sendiri selalu mengalami perubahan, kadang turun dan tidak jarang juga harganya naik. Harga bahan bangunan terbaru untuk pasir berbeda-beda tergantung jenis pasir, gunung atau kali. Seperti jenis pasir merapi yang harganya sekitar Rp 160.000,- dan pasir batu atau sirtu harganya lebih murah kira-kira Rp 120.000,-. Berbeda dengan jenis pasir Cieungsi yang kebanyakan dijual dengan harga Rp 190.000,- dan untuk ukuran satu truk pasir harganya sekitar Rp 1.150.000,-. Untuk Anda yang ingin menggunakan jenis pasir mundu sebaiknya siapkan dana sekitar Rp 600.000,- untuk satu pick up pasir. Sementara itu satu ton pasir mundu harganya bisa mencapai Rp 3.800.000,-. Terdapat pilihan harga lainnya untuk jenis pasir putih bangka yang harganya untuk satu pick up pasir biasa dijual Rp 550.000,- dan satu truk pasir di kisaran harga Rp 1.300.000,-.

Dalam membangun rumah juga membutuhkan semen sebagai perekat batu bata agar berdiri membentuk dinding. Semen biasanya dijual dalam ukuran karton dengan berat 40 kg atau 50 kg. Biaya untuk membeli semen merupakan salah satu anggaran terbesar dalam sebuah pembangunan gedung. Harga bahan bangunan online untuk semen berbeda-beda tergantung merk semen dan juga biaya pengiriman yang ditetapkan masing-masing penjual. Untuk harga semen ukuran 50 kg antara Rp 60.000,- sampai dengan Rp 70.000,-. Sementara itu semen ukuran 40 kg harga di kisaran Rp 50.000,- atau lebih. Semen merk asli Indonesia atau semen lokal biasanya harganya lebih murah jika dibandingkan dengan semen merk luar. Untuk lebih hemat anggaran sebaiknya Anda mengambil sendiri semen, karena jika menggunakan jasa antar akan menambah biaya yang perlu Anda keluarkan.

harga semen di tb sumberbaru wonogiri, aneka cat KCA flakes depo bangunan purwokerto
Aneka Jenis dan Harga Bahan Bangunan | blogfifty | 4.5